Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Di Tabel Word

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Di Tabel Word

Cara membuat nomor urut otomatis di tabel word - Selain membutuhkan header tabel, kita juga perlu yang namanya nomor urut pada baris tabel bukan?

Ya..

Nomor urut ini berfungsi untuk mempermudah kita untuk mengelompokkan data pada tabel di word sehingga pembaca mudah mengerti akan data tersebut.

Nah..

Bagaimanakah cara membuat nomor urut pada tabel microsoft word?

Cara membuat nomor urut tabel di word cukup mudah ya. Bisa menggunakan cara manual dengan mengetikkan angka sesuai dengan nomor urut yang kita inginkan.

Namun, jika menggunakan cara tersebut pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama sih.

Gimana kalau nomor urutnya sampai seribu dan di ketik secara manual??

Wah, bisa pegel-pegel tuh tangan ya kan?? hehhehe

Tapi anda nggak usah khawatir ya, karena di artikel ini akan saya bagikan bagaimana cara membuat nomor urut otomatis di tabel ms word agar kalian tidak perlu repot-repot lagi mengetiknya secara manal.

Oke langsung saja kita bahas tutorialnya ya.

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Di Tabel Word

Disini saya menggunakan microsoft word 2013 ya.

Adapun langkah-langkah cara membuat nomor berurutan secara otomatis pada tabel word yakni sebagai berikut.

Langkah 1. Buka Ms Word.

Langkah 2. Kemudian buat tabel dengan jumlah kolom dan baris yang diinginkan dan jangna lupa buat judul dan header tabel nya.

Langkah 3. Arahkan kursor pada Kolom Penomoran => klik menu Home => Numbering => pilih salah satu style Numbering untuk membuat penomoran otomatis, bisa berupa huruf maupun angka.

Langkah 4. Selanjutnya arahkan Kursor di bagian penomoran, tepatnya di angka 1 sehingga kursornya akan jadi berwarna putih seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 5. Silahkan di klik Angka 1 tersebut, maka nanti kolomnya akan terblok => lalu tekan tombol Ctrl + Shift + M secara bersamaan pada keyboard, sehingga posisi nomornya akan pindah kesebelah kiri.

Langkah 6. Kemudian klik diarea kosong pada dokumen word. Lalu arahkan lagi Kursor dibagian Angka 1, maka kursor akan berubah menjadi warna hitam seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 7. Lalu klik lagi Angka 1 sehingga nanti kolomnya akan terblok => klik menu Home => pilih Copy.

Langkah 8. Terakhir, arahkan klik adan arahkan Kursor di bagian penomoran (kolom 2) => blok kolom penomoran, dimulai dari kolom kedua hingga akhir kolom => lalu klik menu Home => pilih Paste atau anda bisa tekan tombol Ctrl + V pada keyboard.

Maka kita sudah berhasil membuat penomoran otomatis pada tabel di microsoft word.

Video Tutorialnya

Penutup

Sekialah tutorial kali ini yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat nomor urut otomatis di tabel word dengan mudah dan cepat.

Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Di Tabel Word"