Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bingkai Di Word 2007, 2010 Dan 2013 [Gratis Desainnya]

Cara Membuat Bingkai Di Word

Cara membuat bingkai - Ms Word adalah salah satu perangkat lunak untuk mengolah data. Saat ini microsoft word sudah memiliki banyak versi, mulai dari ms word 2003, 2007, 2010, 2013, dan word 2016 dan akan selalu berkembang setiap dimasa yang akan datang.

Selain untuk mengetik data, kita juga bisa membuat bingkai di ms word. Bingkai tersebut bisa digunakan untuk keperluan cover skripsi, makalah dan laporan lainnya.

Apa itu bingkai kk?

Bingkai yang dimaksud ialah suatu frame atau dekorasi (hiasan) pada sebuah dokumen ms word yang terdapat dibagian pinggir kertas.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat bingkai di microsoft word?

Caranya mudah banget.

Silahkah baca artikel ini hingga habis, karena disini saya akan membagikan tutorial cara membuat desain bingkai di word bagi pemula.

Oke langsung saja kita ke pembahasannya ya.

Cara Membuat Bingkai Di Word

Di tutorial cara membuat bingkai ini saya menggunakan aplikasi microsoft word 2013, namun jika anda menggunakan versi word lainnya, tidak usah khawatir karena hanya terdapat sedikit perbedaan. Jadi itu tidak terlalu berarti ya.

Berikut adalah langkah-langkah membuat bingkai di microsoft word.

Langkah 1. Buka Ms Word

Langkah 2. Kita akan mengatur Margin nya terlebih dahulu, caranya klik menu Page Layout => Margins => pilih Narrow atau kalian bisa sesuaikan sendiri ukuran marginnya.

Langkah 3. Kemudian kita atur Orientasi nya, caranya klik menu Page Layout => Orientation => pilih Landscape.

Langkah 4. Lalu kita atur Ukuran Kertas nya, caranya klik menu Page Layout => Size => pilih kertas A4.

Langkah 5. Selanjutnya kita akan membuat Shape berbentuk persegi, caranya klik menu Insert => Shapes => pilih Rectangle (persegi).

Langkah 6. Lalu silahkan Klik dan Tarik hingga membentuk kotak persegi seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 7. Kemudian kita hilangkan warna dalam (fill) kotak persegi tersebut, caranya klik Shape (persegi) => dibagian menu Format, klik Shape Fill => pilih No Fill.

Langkah 8. Oya kita akan mempertebal garis pinggir shape nya, caranya klik Shape (persegi) => dibagian menu Format, klik Shape Outline => Weight => pilih ketebalan garis, misalnya 4 1/2 pt.

Langkah 9. Dan kita akan mengubah tipe garisnya menjadi garis tebal dan tipis, caranya klik Shape (persegi) => dibagian menu Format, klik Shape Outline => Weight => pilih More Lines.

Maka di sebelah kanan word akan muncul jendela Format Shape, lalu ubah Compound Type jadi garis tebal dan tipis dan Width jadi 12 pt => klik tanda x (Close) .

Langkah 10. Selanjutnya kita akan mempercantik bingkai tersebut dengan menambahkan beberapa desain berupa simbol (silahkan download filenya dibawah artikel ini), caranya klik menu Insert => Text Box => Draw Text Box => lalu Klik kanan Mouse dan Tarik untuk membuat text box.

Langkah 11. Kemudian kita akan memasukkan Simbol kedalam text box tersebut, caranya klik menu Insert => Symbol => pilih More Symbol.

Maka akan muncul jendela Symbol, dibagian Font silahkan pilih Akrutilmage7 => lalu pilih simbol seperti dibawah ini => klik Insert => klik Close.

Langkah 12. Selanjutnya perbesar ukuran simbilnya, caranya Blok simbol tersebut => klik menu Home => ubah ukurannya menjadi 100 dan bah Warna nya serupa dengan warna garis persegi (shape).

Lalu kita hilangkan garis pinggir Text Box nya, caranya klik Text Box => di menu Format silahkan klik Shape Fill => pilih No Fill dan dibagian Shape Outline pilih No Outline.

Langkah 13. Kemudian kita rapikan posisi simbolnya dan kita copy menjadi 4 bagian, caranya tekan tombol Ctrl pada keyboard => Klik dan Tarik ke kanan. Buat hingga jadi 4 buah simbol dan posisinya letak disetiap sudut dan rapikan ya seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 14. Terakhir kita bisa menyimpan dokumen bingkai tersebut, caranya klik menu File => Save as => ketik Nama File => pilih Save.

Langkah 15. Oya kalian juga bisa menyimpan desain bingkai ini dalam format pictur (gambar), caranya kita gabungkan dulu semua object dengan mengklik menu Home => Select Objects => dan Select semua object tersebut => lalu klik kanan pada mouse => pilih Group.

Lalu klik Object yang telah digabungkan => tekan tobol Ctrl + C pada keyboard => klik menu Home => pilih Paste Picture.

Kemudian klik Gambar yang baru di paste kan tadi => Klik Kanan pada mouse => Save as => ketik Nama File => pilih Save.


Video Tutorialnya

Penutup

Oke..

Cukup sekianlah pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara membuat bingkai di word bagi pemula.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bingkai Di Word 2007, 2010 Dan 2013 [Gratis Desainnya]"